Ironi Mimpi dan Tugas Akhir

  • 4
Kapan selesai? Kapan Sarjana? Kapan Wisuda?

Pertanyaan-pertanyaan ini selalu berulang-ulang menggelayut di benakku dan memecah kekisruhan alam bawah sadarku yang coba ku stabilkan dalam minggu ini. Kutakutkan inilah yang dinamakan efek global warming. Tapi sejurus kemudian, akal sehatku -yang masih tersisa sedikit dari perjalanan panjang selama 2 dekade- mengatakan jelas bahwa bukan itu penyebabnya. Tetapi lebih pada bertumpuknya pikiran-pikiran tidak jelas dan menyebabkan gangguan pada mimpi-mimpi yang hadir tiap malam yang mencoba berbekas sedikit dimemori pada saat bangun pagi.

Agaknya saya sudah lupa kapan terakir kali saya bermimpi. Bukan karena saya tidak mempunyai kenangan-kenangan untuk dikonversi tapi kemungkinan besar karena ketidakmampuanku mengingat kembali mimpi-mimpiku yang terjadi selama hampir 8 jam dalam alam bawah sadarku. Mungkin terendap dalam ruang kosong otak atau bisa saja menguap entah kemana sebelum bisa ku menangkapnya.

Indra ke-6 ku mengatakan bahwa fenomena ini kemunginan besar disebabkan oleh mulai munculnya tekanan-tekanan batin yang selalu hadir tiap saat semenjak membuka mata sampai pada akhirnya menutup mata kembali. Ya, inilah yang biasa disebut sebagai tekanan mahasiswa semester akhir. Setuju atau tidak setuju, pada akhirnya harus diakui, saat-saat yang kulewati sekarang ini merupakan tahapan terakhir dan terberat sebagai seorang civitas akademika, yaitu tahapan Tugas Akhir.

Rasanya hal-hal yang berkaitan dengan kelanjutan kisah pilu ini tidak perlu lagi dibahasakan. Dipahami sendirilah, atau bagi yang belum merasakan, itu masalahmu. hehehe.

Hari esok bisa saja menawarkan beberapa pilihan padaku: maju, tetap di tempat atau bahkan malah mundur dari progress yang berjalan selama hampir 2 bulan ini. Tapi nampaknya, tidak ada lagi jalan untuk mundur dan menyiapkan strategi baru. Jejak kakiku sudah berbekas beberapa langkah di belakang dan tidak mungin kutapaki kembali. Pilihan yang ada sekarang hanya satu, Maju!!

4 comments:

  1. belumlah,,, lagi sibuk asistensi,, hehe
    kalau situ? kyaknya baru selesai ujian ni,, (menurut tulisan di blogmu)

    ReplyDelete
  2. sdh dari tahun lalu mi wisuda.

    tp msh ada yg hrs diselesaikan

    ReplyDelete