Sumpah

  • 2
Manusia itu makhluk unik, selalu ingin merayakan segala hal. Dari hal-hal yang tidak penting sampai hal-hal yang betul-betul penting. Penting tidak penting disini tergantung persepsi masing-masing orang. Begitu juga dengan hari ini, hari Sumpah pemuda.

Sumpah pemuda adalah sejarah. Kenangan 83 tahun lalu. Ingat selamanya atau lupakan selamanya. Itu pilihanmu.
Jangan ikut-ikutan merayakan kalau kau tidak tahu untuk apa. Ini bukan sesuatu yang harus dirayakan dengan acara bakar lilin, bakar kembang api ataupun bakar-bakar ikan. :p

Pada akhirnya sejarah akan mengalami degradasi nilai. Setelah kematian para saksi hidup, cerita-cerita heroik perjuangan itu akan menjadi legenda dan mitos. Kau hanya akan menemukannya dalam buku-buku dongeng, cerita pengantar tidur yang menjemukan atau film-film ababil dimana porsi untuk romansa pemudapemudi lebih diutamakan.


Sejarah mewakili komunitas pecinta hal-hal tradisional dan konservatif. Kalau kau tidak mampu hidup dalam lingkaran itu, mending segera keluar. Kau akan melihat bangunan-bangunan pencakar langit, pesawat-pesawat berkecepatan cahaya dan manusia Mars. Mungkin itu lebih menghibur hatimu.

Sukarno pernah berkata jangan sekali-sekali melupakan sejarah. Tapi pada akhirnya, kita memang melupakannya.

2 comments: