Belajar Bahasa: Inggris

  • 0
Setiap manusia butuh interaksi komunikasi antar sesamanya dan bahasa merupakan jembatannya. Namun masalahnya, tiap-tiap wilayah memiliki bahasa yang berbeda, setidaknya dialeknya berbeda. Namun untuk area yang lebih luas semisal negara, biasanya terdapat perbedaan bahasa. Ini pada mulanya, sebelum ekspansi bahasa Inggris menguasai dunia.

beda itu indah.. (katanya)
Menurut sumber yang bisa dipercaya, ada sekitar lebih dari 50 negara di dunia ini yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa nasional mereka. Kenyataan yang tidak terlalu mengejutkan, karena kalau ditilik pada masing-masing individu dalam suatu negara, sebenarnya jumlah pengguna bahasa Inggris bisa lebih dari itu.

Coba lihat faktanya, saat ini sudah banyak orang yang berbondong-bondong untuk belajar bahasa Inggris. Entah apa motifnya. Sayapun salah satunya. Tapi kalau saya sih, cuma sekedar sebagai prasayarat wisuda, yang salah satunya menggunakan indikator nilai TOEFL. Tipe mahasiswa pada umumnya. Selain itu mungkin pula, motif orang belajar bahasa Inggris yaitu untuk menaikkan value diri, ingin kelihatan keren, ingin pacaran dengan orang asing, atau alasan-alasan lain yang kalau ditulis disini jelas tidak cukup. Bukan tidak cukup tempat, tapi tidak cukup waktu.

belajar itu memang susah..


Yah, apapun asalannya, sejatinya belajar bahasa asing bukanlah sebuah 'dosa'. Dunia saat ini sudah mengglobal, sehingga tidak ada satu alasanpun untuk dengan cepat mengatakan 'alergi' terhadap segala sesuatu yang datangnya dari luar negri, termasuk bahasa. Asal tetap berlandas pada norma dan nilai yang berlaku serta tidak melupakan unsur-unsur lokalitas setempat.

No comments:

Post a Comment