Perilaku Konsumen, Kurva Konsumsi-Pendapatan, Kurva Engel


Jelaskanlah tentang perilaku konsumen individual pendekatan kardinal dan pendekatan ordinal!

Jelaskanlah kurva konsumsi-pendapatan dan kurva Engel!


Jawaban:


Perilaku konsumen adalah evaluasi secara sadar atau penilaian kognitif menyangkut apakah kinerja produk relatif bagus atau jelek atau apakah produk bersangkutan cocok atau tidak cocok dengan tujuan/pemakaiannya. Pelanggan merasa puas kalau harapan mereka terpenuhi, dan merasa amat gembira kalau harapan mereka terlampaui. Pelanggan yang puas cenderung tetap loyal lebih lama, membeli lebih banyak, kurang peka terhadap perubahan harga dan pembicaraannya menguntungkan perusahaan.


Pendekatan konsumen ordinal adalah pendekatan yang daya guna suatu barang tidak perlu diukur, cukup untuk diketahui dan konsumen mampu membuat urutan tinggi rendahnya daya guna yang diperoleh dari mengkonsumsi sekelompok barang. Sedangkan pendekatan konsumen kardinal adalah daya guna dapat diukur dengan satuan uang atau utilitas, dan tinggi rendahnya nilai atau daya guna tergantung kepada subyek yang menilai. Pendekatan ini juga mengandung anggapan bahwa semakin berguna suatu barang bagi seseorang, maka akan semakin diminati.


Kurva konsumsi-pendapatan dan kurva Engel. Salah satu faktor (variabel) bukan harga yang mmempengaruhi permintaan adalah pendapatan konsumen. Kurva permintaan adalah kurva yang menunjukkan hubungan antara harga dengan jumlah yang diminta. Seperti diketahui salah satu faktor yang mempengaruhi permintaan akan suatu barang adalah harga barang itu sendiri. 

Dengan logika yang sama dapat juga digambarkan kurva Engel yaitu kurva yang menunjukkan hubungan antara pendapatan dan kuantitas yang diminta. pada kasus barang normal, kurva Engel berlereng menanjak karena kenaikan pendapatan akan menambah kemampuan konsumen untuk membeli dan mengkonumsi lebih banyak barang-barang dan jasa-jasa.


Post a Comment for "Perilaku Konsumen, Kurva Konsumsi-Pendapatan, Kurva Engel"