Kewirausahaan - Jawaban Diskusi UT

Kewirausahaan - Jawaban Diskusi UT

Daftar Isi
Kewirausahaan - Jawaban Diskusi UT

Dalam memahami kewirausahaan perlu dikenali bagaimana karakteristiknya. Apa yang Anda ketahui mengenai karakteristik kewirausahaan? berikan contohnya.

Jawaban:

Para wirausahawan biasanya dikaitkan dengan beberapa karakteristik utama yang melekat padanya, antara lain sebagai berikut: 

  • Memiliki sifat inisiatif, 
  • Mempunyai kemampuan mengosolidasikan berbagai sumber, 
  • memiliki keterampilan manajemen, 
  • menginginkan kebebasan mengatur diri sendiri,dan juga 
  • mempunyai keberanian menanggung resiko dalam menjalankan usahanya, 

Disamping itu, menurut pendapat lain, karakter wirausahawan diantaranya sebagai berikut:

  • pada umumnya agresif, 
  • memiliki semangat kompetisi yang tinggi, 
  • perilaku yang cenderung mengarah kepada sasaran (goal oriented), 
  • percaya diri yang besar, 
  • cenderung memanfaatkan peluang (oportunis), 
  • tindakan-tindakannya biasanya mengandalkan intuisi, 
  • bertindak sesuai kondisi nyata yang dijumpai di lapangan, 
  • mampu belajar dari kesalahan, dan
  • mampu memanfaatkan keteampilan membina hubungan sosial.

Contoh:

Salah satu wirausahawan yang berkarakter kuat di Indonesia adalah (alm) Bob Sadino. Ia adalah seorang pengusaha yang berbisnis di bidang pangan dan peternakan.  Bob menjalani bisnisnya sesuai keadaan pasar. Tanpa banyak rencana, ia mengambil peluang paling menguntungkan yang ada di depan mata (berkarater oportunis).  Salah satu pemikiran beliau terkait memulai usaha adalah: "Untuk memulai sebuah bisnis tidak selalu wajib dimulai dengan memiliki modal yang sangat besar. Dengan modal yang seadanya pun bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan yang lumayan besar, dengan catatan selama Anda memiliki kemauan yang tinggi dan tidak mudah menyerah."

***

Motivasi diperlukan oleh setiap orang, pun seorang entrepreneur. Apakah Anda setuju dengan pernyataan tersebut? Menurut Anda apa motivasi dari seorang entrepreneur? berikan contoh kasusnya.

*Jawaban:*

Kesediaan untuk mempertahankan usaha berhubungan langsung dengan motivasi entepreneur. Keputusan untuk berkelakuan sebagai entepreneur merupakan hasil interaksi berbagai faktor. Salah satu kumpulan faktor yang memotivasi entepreneur menyangkut   5 hal yaitu:

  • karakteristik pribadi individu, 
  • lingkungan pribadi 
  • lingkungan usaha yang relevan, 
  • sasaran pribadi, dan 
  • adanya gagasan yang memang layak dikembangkan

Seorang calon entepreneur akan membandingkan perkiraann hasil yang akan diperoleh dengan harapan pribadinya. Apabila hasil yang diperoleh mampu menyamai atau melebihi harapan, maka perilaku entepreneur akan tedorong untuk menjadi kuat, dan ia akan termotivasi untuk tetap berpeilaku sebagai entepreneur, baik melalui usanya yangs edang berjalan ataupun melalui usaha baru, tergantung sasaran yang ia inginkan.

Contoh kasus:

Kita belajar dari cerita sukses bisnis Kemfood dan Kemchick milik Bob Sadino. Kita tinjau dari 5 faktor yang memotivasi entepreneur, sbb:

  • Karakteristik pribadi individu. Salah satu karakter bob sadino adalah  mempunyai kemauan yang keras. Ia selalu mengambil peluang paling menguntungkan yang ada di depan mata alias oportunis.
  • lingkungan pribadi. Bob Sadino lahir dari keluarga yang cukup berada. Saat ayah dan ibunya meninggal, seluruh warisan keluarga jatuh ke tangan Bob sebagai anak bungsu karena kakak-kakaknya yang lain sudah dianggap cukup mampu.
  • lingkungan usaha yang relevan: Bob pun memulai bisnis ternak telur ayam negeri dengan target pasar orang asing di sekitar Kemang, Jakarta. Telur ayam dan berbagai daging olahan merupakan panganan konsumsi utama orang asing yang masih belum bisa dipenuhi demand-nya oleh produsen yang ada saat itu, sehingga bisnisnya relevan dengan lingkungan target pasarnya.
  • adanya gagasan yang memang layak dikembangkan: Saat memulai usaha ternak ayam petelurnya, Bob Sadino sempat dicibir sebagai "orang gila" karena dianggap tak akan berhasil. Saat itu pasar telur dalam negeri memang masih didominasi oleh telur ayam kampung. Gagasan inilah yang terus dikembangkan hingga ia akhirnya ia mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang makanan olahan yang bernama Kemfood.

***

Inovasi dalam hal apapun memerlukan proses kreatif. Coba Anda jelaskan dan beri contoh mengenai tahapan proses kreatif dalam memunculkan inovasi!

*Jawaban:*

Proses kreatif untuk memunculkan inovasi terdiri dari empat tahapan, yaitu:

1) Tahapan 1 : Akumulasi Pengetahuan.

Temuan yang berhasil biasanya didahului oleh proses penjajagan (investigasi) dan proses pengumpulann informasi. Penjajagan ini dilakukan melalui berbagai jenis cara, misalnya melaui bacaan atau diskusi dengan pihak yang berpengalaman dibidang sejenis atau dengan mengikuti pertemuan ilmiah para ahli. Proses penjajagan basanya memberikan informasi mengenai permasalahan. Berbagai ragam informasi ini penting bagi para entrepreneur yang memerlukan pemahaman mendasar mengenai seluruh aspek yang berkaitan dengan engembangan suatu produk, jasa ataupun usaha baru.

2) Tahapan 2: Proses Inkubasi.

Dalam tahap ini seseorang tidak selalu harus terus-menerus memikirkan masalah yang tengah dihadapinya, tetapi ia dapat sambil melakukan kegiatan lain, yang biasa, yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan masalah. Seseorang yang kreatf biasanya membiarkan bawah sadar mereka memikirkan kumpulan informasi yang sudah mereka peroleh. Proses inkubasi atau menetasnya gagasan sering kali terjadi pada saat yang tidak diduga, misalnya saat berada di kamar mandi ataupun di jamban, bahkan saat sedang tidur.

3) Tahapan 3: Memunculkan Gagasan.

Tahapan ini dimana gagasan atau jawaban yang dicari seseorang ternyata bisa muncul. Sering disebut “tahapan eureka”. Sering kali sulit untuk menentukan kapan tahapan inkubasi berakhir dan dilajutkan dengan mulainya tahapan memunculkan gagasan. Terkadang gagasan muncul pada saat yang tidak ada hubungannya dengan masalah yang ada. Ia bisa muncul tiba-tiba. Di sini ia harus dapat dengan cepat dan tanggap menangkap dan memformulasikan baik gagasan maupun pemecahan masalah lanjutan dari gagasan tersebut.

4) Tahapan 4: Evaluasi dan Implementasi.

Tahap ini merupakan tahap  tersulit dalam tahapan-tahapan proses kreativitas karena dalam tahap ini seseorang harus lebih serius, disiplin, benar-benar berkonsentrasi dan juga daya tahan yang tangguh. Biasanya, para entrepreneur mengalami berulang kali kegagalan sebelum akhirnya berhasil mewujudkan gagasan mereka. Salah satu bagian pentingnya adalah penyempurnaan gagasan sehingga menjadi bentuk akhir. Karena gagasan biasanya muncul muncul dalam betuk yang masih kasar, selanjutnya gagasan tsb perlu diperbaiki, dan juga diuji sebelum akhirnya mencapai wujud akhir.

Contoh: Salah satu proses kreatif yang paling terkenal adalah penemuan hukum Archimedes, yaitu hukum yg menjelaskan tentang gaya suatu benda di dalam air. Dimana gagasan hukum tersebut didapat saat Archimedes berendam di dalam bak mandi. Gagasan kasar tersebut kemudian dikembangkan dalam karya tulis dalam bidang mekanika fluida.

***

Di era Pandemi, perusahaan industri skala kecil perlu mempertimbangkan faktor-faktor yang sesuai (favorable). Menurut Anda bagaimana karakteristik yang sesuai untuk perusahaan industri berukuran kecil? berikan contoh kasusnya.

*Jawaban:*

Terdapat 10 faktor yang sesuai (favorable) bagi perusahaan industri kecil, yaitu:

  1. Hubungan antara aspek fisik dengan aspek engineering, contoh: usaha pembuatan ring
  2. Produk yang memerlukan tingkat keterampilan dan ketelitian yang tinggi, contoh: perusahaan lukisan kaca
  3. Produk massal komponen-komponen khusus atau produk akhir yang bersifat khusus, contoh: membuat baut dengan ukuran/dimensi khusus
  4. Produk yang dibuat dalam jumlah kecil. Contoh: usaha pembuatan kain songket, yang hanya dibutuhkan dalam jumlah yang terbatas
  5. Produk yang dipengaruhi oleh lokasi dan ongkos transportasi. Contoh: usaha pembuatan kurungan ayam, peti mati, atau pabrik batu bata.
  6. Produk dengan desain khusus, atau produk yang memerlukan inovasi tinggi. Contoh: tune-up “racing” bagi mobil atau sepeda motor
  7. Hubungan yang dekat antar personil dalam industri kecil.
  8. Fleksibilitas operasi dan ongkos tak langsung yang rendah
  9. Pelayanan yang lebih baik
  10. Respon yang cepat terhadap perkembangan/perubahan

***

Pengusaha yang berhasil tentunya memiliki beberapa ciri-ciri. Coba Anda buat contoh kasus dari ciri-ciri pengusaha yang berhasil.

*Jawaban:*

Ada 10 karakteristik seorang entrepreneur abad ke -21, yaitu:

  1. Mampu mengenali dan memanfaatkan peluang
  2. Memiliki aneka ragam kemampuan
  3. Kreatif
  4. Memiliki impian masa depan
  5. Berpikiran bebas
  6. Pekerja keras
  7. Optimis
  8. Penemu sesuatu yang baru (inovator)
  9. Berani mengambil risiko
  10. Memiliki jiwa pemimpin

Salah satu contoh kasus yang bisa menggambarkan ciri-ciri entrepreneur abad ke-21 adalah Nadiem Makarim. Sebelum diangkat menjadi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, ia sukses berkat usaha ojek onlinenya yang diberi nama Go-Jek. Go-Jek secara umum merupakan perusahaan yang memanfaatkan teknologi untuk mendongkrak ekonomi. Pada tahun 2015, Nadiem mendirikan PT GoJek Indonesia yang merupakan penyedia jasa transportasi ojek berbasis online. Pada tahun awal pendiriannya, ide ini merupakan sebuah terobosan inovatif yang baru, karena berhasil merubah branding ojek yang selama ini dicitrakan sebagai sebuah pekerjaan kelas bawah, menjadi sebuah pekerjaan kelas menenangh ke atas berkat bantuan teknologi.

***

Persaingan dalam dunia usaha menjadi hal yang lumrah terjadi. Coba Anda jelasakan mengenai unsur-unsur dalam analisis persaingan dan berikan contohnya.

*Jawaban*

Unsur-unsur dalam analisis persaingan adalah:

  1. Sasaran masa depan
  2. strategi yang digunakan saat ini
  3. pandangan pesaing
  4. kemampuan pesaing

Contoh:

Persaingan antarmerek dua mie instan ternama di Indonesia, Indomie vs Mie Sedaap. Indomie, sang penguasa merek mie instan di Indonesia selama puluhan tahun menjadi lengah dan kurang menjalankan strategi peningkatan keistimewaan baru (feature improvement) sehingga brand image mulai bias. Saat itu, Indomie lebih mengutamakan distribusi produk. Akibatnya, ketika ada merek lain yakni Mie Sedaap muncul dan punya keragaman baru di tengah pasar Indomie yang kurang variatif, goyahlah posisi Indomie sebagai market leader. Ada 3 strategi Mie sedaap yaitu: 1) memakai branding kata Sedap yang membuat konsumen ingin memcoba apakah rasa mie tersebut benar-benar Sedap. 2) Memanfaatkan kelemahan Indomie yang tidak berinovasi meluncurkan varian rasa baru, dimana Kemunculan Mie Sedaap dengan variasi rasa yang banyak membuat masyarakat menemukan rasa mie yang baru dan unik, 3) Mie Sedaap gencar promosi harga yang hampir menyamai harga Indomie, dengan tingkat promosi yang tinggi seperti iklan di media cetak dan elektronik yg dibuat semenarik mungkin.

***

Riset pemasaran perlu dilakukan terlebih untuk usaha baru. Menurut Anda bagaimana teknik riset pemasaran?. berikan contohnya.

*Jawaban*

Riset pemasaran bertujuan untuk mengidentifikasi konsumen, yang menjadi target pasar, agar perusahaan dapat memenuhi kebutuhan dari para konsumen tersebut. Langkah pertama dalam melakukan riset pemasaran adalah mengidentifikasikan secara jelas dan rinci kebutuhan infomrasi yang menyertai jenis keputusan yang hendak diambil. Untuk itu diperlukan pengumpulan data/ informasi konsumen untuk digunakan dalam pengambilan keputusan. Ada 4 teknik riset pemasaran yang maisng-maisng memeiliki kelebihan dan kekurangan yaitu:

  1. riset melalui surat. Bentuk riset melalui surat “dijawab sendiri” oleh responden sehingga dimungkinkan bahwa periset dan responden tidak pernah saling bertemu baik secara langsung maupun melalui percakapan. Melalui cara ini, periset akan mengirimkan surat yang memuat pengantar, kuesioner, amplop balasan berperangko dan mungkin sejumlah insentif ke alamat responden.
  2. riset melalui telepon. Teknik ini dijalankan melalui percakapan lewat telepon. Calon responden terlebih dahulu akan dihubungi lewat telepon atau media lain dan akan dimohon kesediannya untuk berpartisipasi dalam riset.
  3. wawancara di rumah. Teknik ini dijalankan oleh periset dengan menemui responden secara bertatap muka. Wawancara dapat dilakukan di rumah atau ditempat kerja responden setelah terlebih dahulu membuat janji. Survei secara individu membutuhkan biaya yang tinggi sehubungan dengan biaya transportasi yang dikeluarkan periset untuk mengunjungi tempat atau rumah responden.
  4. wawancara di mall. Teknik ini dilakukan dengan menghentikan responden yang sedang berjalan di mall atau tempat-tempat lain, lalu meminta kesediannya secara sukarela untuk berpartisipasi dalam survei

Contoh:

Sebuah produk parfum sedang melakukan lauching produk parfum baru. Teknik riset pemasaran yang dilakukan adalah dengan tes produk dan wawancara di mall. Caranya dengan membuat stand produk yang diletakkan di tempat-tempat strategis yang ramai orang berlalu lalang di mall, dan kemudian marketing akan meminta pengunjung mal untuk mencoba produk parfum tersebut, kemudian meminta komentar mereka setelah mencoba produk parfum baru tersebut.

***

Permasalahan dalam pemilihan alternatif proyek investasi menjadi salah satu hambatan. Menurut Anda faktor apa saja yang menjadi permasalahan dalam pemilihan alternatif proyek investasi? berikan contohnya.

Jawaban:

Dalam memilih alternatif proyek investasi tersebut ternyata tidak mudah, karena ada beberapa permasalahan yang disebabkan oleh beberapa faktor berikut:

1. Input/ output bisa bervariasi:
   a. input fixed
   b. output fixed
   c. input/ output bervariasi
2. Periode analisis bisa berbeda dari umur alternatif:
   a. Periode analisa = umur alternatif
   b. umur analisa ≠ umur alternatif
      1) umur terbatas (N terbatas)
      2) umur tidak terbatas (N = ∞)
3. Apakah sebelumnya mulai dari kondisi:
   a. belum ada sama sekali alternatif dimiliki
   b. sudah ada alternatif yang dimiliki dan ingin diganti

Contoh:

Dalam melakukan penghematan biaya sambil tetap memperhatikan kualitas pelayanan kesehatan di instalasi Radiologi, Manajemen rumah sakit swasta harus mampu memperhatikan dan mengambil keputusan mengenai penggunaan metode dalam pencucian film radiografi. Salah satu cara yang dilakukan oleh manajemen adalah dengan melakukan perencanaan yang matang dalam investasi pencucian film radiografi. Perencanaan investasi ini kemudian menghadapkan manajemen pada dua pilihan alternatif, yaitu metode pencucian secara manual atau dengan menggunakan Computer Radiography (CR). Manajemen seringkali mengalami kesulitan dalam pengambilan keputusan dalam menentukan alternatif yang diambil. Manajemen harus mampu mengambil keputusan yang tepat agar investasi tersebut dapat memberikan keuntungan yang mampu mempertahankan kelangsungan usaha rumah sakit swasta tersebut.

Open Comment
Close Comment

Post a Comment