Mulailah Menulis

  • 0
(Tulisan ini ditujukan untuk sisi lain diriku yang selama ini mengendap dan sekarang siap untuk meledakkan dunia)

Salah seorang kerabat saya pernah mengatakan, "apa gunanya menulis? toh penulis cuma bisa berkata-kata tanpa ada aksi,,cuman No Action Talk Only..!"

Saya rasa pemahaman ini merupakan pemahaman yang sempit tentang menulis. Ya, sadar atau tidak, ternyata menulis merupakan bagian dari keseharian kita yang tidak dapat terlepaskan. Di sekolah, di kampus, di rumah, di manapun tempat kegiatan manusia selalu tidak lepas dari kegiatan satu ini.

Menurut definisi umum, menulis merupakan proses perekaman suatu informasi agar informasi tersebut tidak hilang dalam memori otak kita. Namun bagi saya, menulis tidak hanya sekedar berhubungan dengan kegiatan mengingat, menulis merupakan sarana pengungkapan rasa, pengejawantahan ide serta simbol kepekaan seseorang terhadap segala hal disekitarnya. Untuk itulah, seorang penulis dituntut untuk dapat merespon dengan baik segala informasi dan mentranformasikannya ke dalam sebuah bentukan tulisan. Selain itu, menulis tidak hanya sekedar menyusun sederet kata-kata menjadi suatu kalimat. Menulis dapat membuka cakrawala pikiran dan membentuk identitas keintelektualitas kita, dsb.

Mungkin terlalu banyak defini menulis, tergantung persepsi masing-masing orang yang melakukannya. Intinya, menulislah selagi menulis itu belum dilarang!

No comments:

Post a Comment